About

Senin, 25 Mei 2015

Cara membuat cat tembok awet tahan lama

Cara membuat cat tembok awet tahan lama
Pada kesempatan kali ini, Kita akan membahas cara supaya cat tembok awet tahan lama.
Bagaimana perasaanmu bila setelah beberapa bulan mengecat dinding rumah, kemudian cat mengelupas atau mengapur? pastinya akan kecewa. Cat mengelupas tidak hanya disebabkan oleh rendahnya kualitas cat, tapi banyak faktor mempengaruhinya, misalnya teknik renovasi tembok salah dan dinding basah karena rembesan air.

Setelah anda mengetahui faktor-faktor penyebab mengelupasnya cat tembok, lantas bagaimana cara memperbaikinya? simak solusi berikut:

1. Perbaiki atap rumah apabila terjadi kebocoran
Hal pertama yg harus kita lakukan adalah menjaga dinding supaya kondisinya tetap kering, termasuk saat akan mengecat. Seperti telah kita ketahui, air dapat meresap dan menyebar di sekitar area dinding. Dinding basah dapat menyebabkan penyerapan cat menjadi terhambat. Maka dari itu, pastikan dinding selalu dalam keadaan kering.

2. Kerok lapisan cat lama sebelum melakukan pengecatan baru
Telah disebutkan diatas, cat tembok berkualitas rendah mudah mengelupas. Terutama saat ia mengapur. Jadi pastikan cat lama terbuang semua dari tembok. Anda bisa menggunakan kape untuk mengeroknya sampai bersih.

3. Berikanlah cat dasar
Cat dasar ialah cat yg mengandung acrylic 100%, Anda bisa memperolehnya di toko bangunan.
Tunggulah cat dasar sampai kering sebelum mempoleskan cat utama.

4. Pilihlah cat berkualitas tinggi
Ciri-ciri cat tembok berkualitas baik adalah adesif serta elastis, sehingga cat akan awet juga tahan lama. Selain itu, biasanya mengandung acrylic sehingga cocok untuk dinding luar rumah. Cat berkualitas rendah memang murah tapi kurang awet, bukannya menghemat malah jadi boros. Pada saat mengecat, Lakukan 2 kali pengecatan dalam satu waktu. Pertama tipis dulu kemudian tunggu sampai kering, setelah itu lakukan pengecatan kedua agar warna cat rata dan terlihat kuat

0 komentar:

Posting Komentar