About

Jumat, 05 Juni 2015

Roller Unik yang Membuat Dinding Seperti Wallpaper

Roller Unik yang Membuat Dinding Seperti Wallpaper


roller motif


Sekali lagi, teknologi membuat segalanya lebih mudah. Ingin memiliki motif menawan di dinding rumah? Kini Anda tidak harus membayar mahal untukwallpaper. Tidak pula harus repot membuat stensil di dinding, apalagi membuat mural. Tapi, Anda bisa mendapatkan tampilan yang menawan, persis seperti wallpaper atau stensil, dengan menggunakan roller motif.




Apa itu roller motif?

Roller motif adalah roller khusus yang memiliki relief corak, sehingga akan mencetak motif tersebut di dinding. Ada puluhan motif yang bisa Anda pilih. Bahkan, sejumlah produsen bisa membuatkan beragam motif sesuai yang Anda minta. Roller motif biasa disebut juga dengan patterned paint roller atau stamp roll.

Ada berapa jenis roller motif dan bagaimana menggunakannya?

Setidaknya ada 3 jenis roller motif ini. Yang pertama dan paling sederhana adalah rollermotif tunggal, yakni jenis yang hanya terdiri dari 1 roller pin saja. Yang kedua adalahroller motif dengan 2 roll pin, dan yang ketiga adalah roller motif dengan 3 roll pin.

1. Roller motif tunggal

Caranya hampir sama dengan menggunakan roller cat biasa. Siapkan cat yang sudah diencerkan. Tuangkan sedikit pada baki. Aplikasikan cat pada roller secara tipis, namun merata. Lalu sapukan ke dinding. Kelemahan menggunakan roller motif tunggal ini adalah Anda harus bolak-balik menyapukan cat dan menghafal di mana titik motif terakhir. Jika tidak terampil, besar kemungkinan motif akan berantakan dan tidak presisi.

2. Roller motif 2 pin

Hampir sama dengan motif roller tunggal, tapi di sini ada 2 roll pin yang digunakan. Roll pin pertama adalah tempat menempelkan cat dan menyimpan cadangan cat, yang kedua adalah untuk mengaplikasikan motif pada dinding. Meski lebih praktis dan aman, tetap ada resiko hasil berantakan dan harus bolak-balik untuk membubuhkan cat.

3. Roller motif 3 pin

Roller motif tipe ini komponennya lebih kompleks. Ada baki untuk menyimpan cat, 2 roll pin untuk mengambil cat dari baki, 1 roll pin untuk menyalurkan cat, dan 1 roll pin untuk mengaplikasikan motif ke dinding. Sebenarnya, ada 1 lagi tambahan roll pin, yaitu yang berukuran kecil dan terletak di belakang roll pin ke dua. Roll ini fungsinya untuk mengurangi kelebihan cat pada roll kedua, sehingga motif yang dihasilkan lebih rapi. Dengan adanya baki cat, Anda juga tidak perlu khawatir cat akan habis ditengah-tengah pengecatan. Baki terdiri atas 2 bagian, sehingga bisa digunakan untuk 2 warna sekaligus.
Untuk menggunakannya, Anda harus melepaskan semua roll pin terlebih dahulu. Lalu masukkan cat yang telah diencerkan ke dalam baki cat, baru kemudian pasang kembali semua roll pin-nya.

Ada lagi yang perlu diperhatikan?

  • Sebelum diberi motif, dinding terlebih dahulu harus sudah dicat dengan cat tembok. Pilih warna yang bisa serasi dengan warna motifnya nanti.
  • Perhatikan kemiringan roller dan tekanan saat Anda menggunakan alat ini. Sudut yang baik adalah sekitar 45°. Berikan tekanan yang pas, tidak terlalu ringan maupun terlalu ditekan. Terlalu menekan roller akan membuat lapisan cat terlalu tebal dan berantakan.
  • Pastikan Anda mengecat dengan motif yang bersambungan atau presisi. Rollermotif sudah dirancang dengan motif yang saling menyambung antara sisi kanan dan kiri, tetapi motif ini bisa tidak presisi karena kurang naik atau kurang ke bawah. Pastikan Anda hafal di titik mana Anda memulai motif. Putar roll untuk mendapatkan sisi yang sama dengan sebelumnya.
  • Kekurangan roller motif ini adalah sulit digunakan untuk tempat yang tinggi, karena keterbatasan jangkauan tangan dan tinggi badan Anda sendiri. Untuk mengecat dinding yang tinggi, Anda harus tahu di bagian mana motif akan disambung.
  • Pilih yang diameternya ukuran sedang, tidak panjang maupun pendek. Terlalu panjang akan sukar.
  • Ada banyak motif roller ini, tanpa Anda perlu membeli banyak alat. Beli saja roller pin-nya, yang bisa digonta-ganti sesuka hati.

Berapa harga dan di mana membelinya?

Harga roll motif beragam, sesuai merk dan bahannya. Kisaran harga ini mulai dari sekitar Rp 180.000 untuk roller motif tunggal dan pasti lebih mahal untuk dua jenis lainnya. Sebagian roller motif ada yang diproduksi oleh produsen roller cat ternama, dari dalam maupun luar negeri. Tetapi ada juga yang dibuat oleh industri rumahan.
Anda bisa membeli roller motif ini di gerai-gerai bahan bangunan dan alat konstruksi. Roller motif juga bisa ditemukan di toko-toko online maupun situs pusat jual-beli di Indonesia. Pilih mana yang pas dengan kantong dan kebutuhan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar