About

Kamis, 21 Mei 2015

Beberapa Jenis Masalah dan Penyebab kerusakan cat tembok

Bila Anda memiliki masalah kerusakan cat tembok rumah dan ingin memperbaikinya dengan biaya perbaikan rumah yang sehemat mungkin, jangan langsung memanggil tukang atau kontraktor renovasi rumah, karena mungkin sebetulnya Anda bisa memperbaikinya sendiri asalkan Anda tahu penyebab kerusakan cat tembok dan cara memperbaiki kerusakan cat tembok rumah Anda.
Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk membantu Anda mengetahui beberapa penyebab kerusakan cat tembok dan cara memperbaiki kerusakan cat tembok yang mungkin bisa Anda kerjakan sendiri. Namun mengingat cukup panjangnya artikel ini, maka akan dibagi dalam 2 artikel bersambung sebagai berikut;
  1. Jenis Masalah dan Penyebab kerusakan cat tembok
  2. Cara memperbaiki kerusakan cat tembok Rumah Anda
Silahkan simak bagian pertama dari dua seri artikel mengenai beberapa jemis masalah dan penyebab kerusakan cat tembok serta cara memperbaikinya ini.

Beberapa Jenis Masalah dan Penyebab kerusakan cat tembok

1. Cat menggelembung atau melepuh (Blistering)
penyebab kerusakan cat tembok blistering1 Jenis dan Penyebab Kerusakan Cat TembokUmumnya disebabkan oleh uap air atau udara lembab yang masuk (rembes) dari dinding luar atau prosedur pengecatan yang belum sempurna, dimana pengecatan sudah dilakukan sebelum plesteran atau acian dinding kering sempurna (masih basah/lembab).
2. Timbulnya serbuk halus (pengapuran) pada permukaan dinding bila diraba (Chalking)
penyebab kerusakan cat tembok chalking Jenis dan Penyebab Kerusakan Cat TembokDisebabkan oleh kesalahan penggunaan cat tembok yang tidak sesuai jenisnya, seperti cat interior yang digunakan pada dinding luar (eksterior).
3. Cat mengelupas dan pecah pecah (Flaking)
penyebab kerusakan cat tembok flaking Jenis dan Penyebab Kerusakan Cat TembokDisebabkan oleh permukaan dinding (acian) mengandung minyak sehingga cat tembok tidak bisa menempel dengan sempurna. Penyebab lainnya adalah cat lama (bila tidak dikerok dan dibersihkan) mengapur sehingga lapisan cat yang diaplikasikan hanya menempel pada serbuk-serbuk yang timbul akibat pengapuran.
4. Cat meleleh (Sagging)
penyebab kerusakan cat tembok sagging Jenis dan Penyebab Kerusakan Cat TembokCat tembok yang meleleh (turun) biasanya terjadi pada bidang vertical, disebabkan oleh;
  • Lapisan cat tembok terlalu tebal/terlalu banyak
  • Komposisi larutan cat tembok terlalu encer
  • Pengecatan dilakukan saat lembab
  • Pengecatan menggunakan spray gun yang terlalu dekat pada media pengecatan, sehingga cat tembok yang dihasilkan terlalu tebal
  • Proses pengeringan yang terlalu cepat, dimana permukaan lapisan cat mengering terlebih dahulu (karena terpapar sinar matahari langsung) sedangkan bagian dalamnya masih basah/lembab.
5. Cat berkerut (Wrinkling)
penyebab kerusakan cat tembok wrinkling Jenis dan Penyebab Kerusakan Cat TembokHampir sama dengan cat tembok meleleh, cat tembok yang berkerut biasanya diakibatkan oleh lapisan cat yang terlalu tebal, pengecatan ulang yang terlalu cepat, dan proses pengeringan yang terlalu cepat
6. Terdapat alur atau garis-garis yang jelas terlihat (Brush Mark)
penyebab kerusakan cat tembok brush mark Jenis dan Penyebab Kerusakan Cat TembokHal ini terjadi karena  larutan cat tembok yang digunakan terlalu kental atau belum larut sempurna (proses pengadukan yang kurang). Penyebab lainnya adalah pengecatan menggunakan kuas cat yang kotor atau bulu pada kuas menggumpal.
7. Perbedaan warna cat (Different Colour)
penyebab kerusakan cat tembok colour different Jenis dan Penyebab Kerusakan Cat TembokCat yang berbeda warna bisa disebabkan oleh perbedaan waktu pengecatan yangterlalu jauh (terlalu lama) antara dua bidang yang saling berhimpitan. Selain itu bisa juga karena kurang teliti dalam memilih warna cat, atau cat telah terkomtaminasi dan tercampur dengan zat lain hingga warnanya sedikit berubah.
8. Lapisan cat yang lunak atau lengket (Saponification)
Lapisan cat yang lunak/lengket biasanya terjadi pada cat berbahan dasar minyak (oil base/alkyd) yang diaplikasikan pada permukaan beton atau plesteran. Penyebabnya adalah efek zat kimia dari material bangunan yang bersifat alkali seperti semen dengan kombinasi kelembaban.
9. Daya tutup terhadap cat lama sangat rendah (Poor Hiding)
Cat tembok baru tidak mampu menutup cat lama dengan baik, ini disebabkan oleh pengenceran cat yang berlebihan sehingga warna yang dihasilkan agak transparan. Bisa juga disebabkan oleh warna cat baru yang digunakan lebih muda atau terlalu kontras dari warna yang sebelumnya.
10. Lambat kering (Slow Dried)
Cat belum kering sempurna (masih lengket) walaupun telah melampaui waktu pengeringan normal (yang tertera pada kemasan). Hal ini disebabkan karena pengecatan dilakukan pada kondisi udara dingin dan lembab atau karena lapisan cat terlalu tebal sehingga lama mengering.
Itulah beberapa jenis masalah dan penyebab kerusakan cat tembok yang kerap terjadi pada dinding bangunan. Silahkan Anda memeriksa jenis kerusakan seperti apa yang dialami oleh cat dinding rumah Anda. Dan setelah mengetahui jenis kerusakan cat tembok beserta penyebabnya, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana – cara memperbaiki kerusakan cat tembok – rumah Anda dan silahkan mencoba untuk memperbaikinya.
Sumber: Berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar